Stay Together For The Kids

#AMP Wonosobo Pop-Punk

Jumat, 20 Januari 2012

Tips Merawat Laptop

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEj8cJrnJ8Y2ehpFipSOlmLr5YY4W4WM17K8SyBAxYvU2DlOYspuLcgRJZy6VqOVwWxqO0cemsFnLYZh_zpANylJ_LLfQiIch8QdYjeUQNokH_cA-8_OQtFQaswhGHxR5vTgRYNvabrYk/s1600/Perbedaan+Laptop+dan+Notebook.jpg 
  Laptop....ya benar..sekarang bukan lagi menjadi barang yang mewah. Dari anak SD-SMP-SMA-Kuliah-Kerja-Sampai Orang Tua bisa menggunakannya.Disamping lebih praktis dan lebih hemat listrik daripada PC, Laptop juga banyak kegunaannya seperti untuk Presentasi, Belajar, Ngenet gratis di Hotspot Area atau hanya sekedar buat gaya.(hehehe)..Sebagian orang bahkan sudah melupakan PC saat ini, walaupun dirumah ada PC tetap saja laptop yang digunakan untuk bekerja. Walau bagaimanapun untuk ukuran spesifikasi yang sama jelas PC lebih tangguh daripada Laptop, Jadi anda harus merawat laptop atau notebook Anda dengan baik.
Kali Ini saya mau share beberapa tips sederhana merawat laptop anda agar bisa lebih tahan lama..Lets Rockin!!!


1.Jangan Sembarang download Software yang gratis dari Internet
http://www.ekooutsider.com/wp-content/uploads/2011/08/free-download.jpg
  Apalagi jika software yang seolah-olah suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki dan Anda percaya.




2.Jangan Letakan Laptop di Lantai 
  Risiko laptop terinjak kaki orang, mungkin anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop adalah mainan dan binatang peliharaan Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu, apalagi jika lantainya jarang disapu.

3.Lepaskan Baterai saat Laptop menyala dalam waktu yang Lama
http://www.tokojakarta.com/images/VGP_BPL5A_1.jpg 
  Jika sedang bermain game atau mengetik sudah pasti Laptop menyala lama..Lebih baik lepas baterainya saja (langsung menggunakan listrik).Agar baterainya lebih tahan lama dan tidak cepat Aus.





4. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda
   Jika anda sedang bekerja di laptop atau sedang bermain game di Laptop dengan melepas baterai (biasanya untuk menjaga baterai tidak cepat aus), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah tegangan listrik tidak stabil yang bisa merusak Processor dan Hardisk laptop anda.

5.Jangan Charge berlebihan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtT1QODLIZmKUITextF3GHtAjECQpnNYnmJd19avilQbgfBDBNw6DU1_DFJ0Tmz3EoIrhCheKQW8_Tj0o85Qmwk844EQET16EG6cKC2BSOWX4SZKwiyRWN9to8X4Ee7giMpcjpCfzsGoc/s1600/battery.png   
  Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai telah full dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.






6.Jaga Layar LCD
  Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.

7. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk
  Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop. Sirkulasi udara akan sangat terganggu di ruang processor.

8.Gunakan Fan Laptop
http://img.diytrade.com/cdimg/710146/8423686/0/1237966775/3_fan_Laptop_cooling_pad_with_blue_light.jpg   Memang sebenarnya sudah ada fan dalam laptop itu sendiri,tapi menurut saya itu masih kurang.Apalagi jika Laptop anda bekerja dalam waktu lama .Fan External akan sangat di perlukan.karena bisa menjaga laptop dari kelebihan suhu yang bisa merusak komponen didalam laptop...







9. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas
  Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop. Hati-hati juga memilih tas laptop, kalau bisa pilih yang bagus sekalian.. (hehehe)

10. Jangan makan minum dan meletakkan benda mengandung cairan di sekitar laptop
   Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

11. Jangan pernah untuk membongkar laptop Anda sendiri
  Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

12. Bersihkan laptop secara berkala
  Jangan malas, karena jika laptop terlalu kotor, maka akan menghambat ventilasi udara, sudah minim ruang didalam laptop jangan diperparah dengan sumbatan debu. Selain itu jika terlalu kotor biasanya mengakibatkan layar LCD tergores saat dibersihkan, karena gumpalan debu yang terlindas kain lap.

13.Jangan sekali-kali untuk membanting Laptop
  Jadi,jika anda sedang depresi,frustasi,atau patah hati lebih baik jangan memegang laptop..karena daripada di banting,akan lebih bijaksana jika di kasihkan kepada saya...(hehehe)



Demikian sedikit tips dari saya...
Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger